Senin, 07 Mei 2012

Konfigurasi Cisco Router


Router bertugas untuk menyampaikan paket data dari satu jaringan ke jaringan lainnya, jaringan pengirim hanya tahu bahwa tujuan jauh dari router. Dan routerlah yang mengatur mekanisme pengiriman selain itu router juga memilih "jalan terbaik" untuk mencapai tujuan. Ada dua jenis router berdasarkan cara routing-nya yaitu Router Statis dan Router Dynamic.

1. Router Statis
Router Statis adalah router yang merutekan jalur spesifik yang dttentukan oleh user untuk meneruskan paket dari sumber ke tujuan. Rute ini ditentukan oleh administrator untuk mengontrol perilaku routing dari IP "internetwork".

2. Router Dynamic
Router dynamic adalah router yang merutekan jalur yang dibentuk secara otomatis oleh router itu sebdiri sesuai dengan konfigurasi yang dibuat. Jika ada perubahan topologi antar jaringan router otomatis akan membuat routing yang baru.

Supaya router bisa melayani permintaan untuk meneruskan pengiriman data, maka router harus mempunyai tabel yang dipakai sebagai patokan data ini harus dikirim ke jaringan yang mana?. Tabel yang dipunyai oleh router disebut sebagai Tabel Routing ang berisi NETID dan Default Gateway.






Contoh Desain jaringan dengan dua subnet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar